Jumat, 11 Maret 2011

PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum wr wb

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt karena berkat rahmatnya penulis bisa menyelesaikan Paper dari minggu ke satu sampai minggu ke empat. Pada minggu ke satu mengenai Sistem dan Komputer, minggu ke dua mengenai Ilmu dan Budaya, minggu ke tiga mengenai Sistem Komputer dan Ilmu Budaya, dan yang terakhir di minggu ke empat ini mengenai Fenomena Sistem Komputer dan Ilmu Budaya.
Penulis juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga semua paper dari minggu ke 1 bisa selesai dengan lancar dan tepat waktu. Pihak-pihak tersebut adalah:
1. Orang tua yang telah memberikan fasilitas yang memadai guna mengerjakan semua tugas-tugas kuliah hingga selesai tepat waktu. Di mulai dari notebook, internet, dan lain-lain.
2. Teman-teman 1KB04 yang saling bantu satu sama lain.
3. Dan pihak-pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Hingga paper yang terakhir ini saya menyadari masih banyak kekurangan atau bisa di bilang masih jauh dari kata SEMPURNA, oleh karena itu silahkan anda berikan kritik dan saran di blog saya http://miftah-softskill.blogspot.com blog yang di khususkan untuk tuga-tugas kuliah softskill. Di akhir kata dari pendahuluan ini, kekurangan muncul dari diri saya sendiri dan kesempurnaan itu hanyalah milik Allah swt. Dan selamat membaca, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr wb
FENOMENA SISTEM KOMPUTER DAN ILMU BUDAYA

Seperti yang sudah kita ketahui Sistem Komputer itu merupakan suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Tujuan dari Sistem Komputer sendiri adalah Untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

Kata komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik.
Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini. Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.

Perkembangan-perkembangan Komputer semenjak tahun 1940
Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ). Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama :
1. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ) dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
2. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
3. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator ) EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
4. UNIVAC 1 Computer . Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan download file pdfnya di sini